Pages

8.10.17

haruskah menjadi cantik?


Terkadang, khususnya untuk perempuan, kecantikan bisa menjadi tambahan nilai untuk beberapa hal. Seperti untuk tes pekerjaan ada beberapa perusahaan yang menitik beratkan pada rupa. Pernah bukan membaca lowongan pekerjaan yang tertulis persyaratan "berpenampilan menarik"?
Sebenarnya, tuntutan wanita harus cantik merupakan opini yang sudah ada sejak dulu.
Yang jadi pertanyaan adalah apa arti cantik sesungguhnya atau bagaimana cara untuk menjadi cantik itu sendiri?
Kulit putih? Rambut panjang? Alis sulam?
Kalau seperti itu dasarnya, ingin menjadi cantik atau menjadi orang lain?

Bahwasannya pendapat orang tentang cantik itu berbeda-beda, itulah mengapa kita harus paham betul apa cantik versi kita. Aku sendiri menganggap cantik itu jika seorang wanita tampil elegan dengan aura yang memancar, berjalan dengan tegap dengan pakaian super rapi, dan tanpa bau badan. :)
Tetapi aku mulai memahami beberapa hal, pengertian cantik menurutku diatas berhubungan dengan nafsu manusia. Sehingga, aku sedikit demi sedikit terpikir bahwa wanita itu cantik itu dari hati.
Cantik yang sesungguhnya itu tampil elegan dengan aura yang memancar, kecerdasan dan kerendahan hati yang berpegang teguh pada akhlak mulia. Kalau hanya tampilan luar saja, orang akan menilai kecantikan dengan nafsu mereka akan tetapi jika kita juga membangun kecantikan dari dalam hati, InshaAllah masyarakat akan melihat wanita dengan martabat yang tinggi. Amiin.

Oh ya, cara jadi wanita cantik itu mudah kok, kalau kita bisa mengerti maksud dari arti cantik itu sendiri. Dari pendapatku tentang pengertian cantik diatas, aku menyebut diriku cantik dari hati jika:

- Memulai semua dari Hati
Aku mulai mencintai diriku sendiri. Bersyukur atas segala sesuatu yang telah diberi oleh-Nya juga merawatnya. Jadi, sebenarnya jika ada wanita yang ke salon kecantikan untuk perawatan, menurutku jangan dipandang negatif dulu menghabiskan banyak uang. Kemungkinan besar, mereka bersyukur atas ciptaan-Nya dan merawatnya dengan baik. Nah, jika yang belum mampu untuk ke salon kecantikan, merawat diri di rumah juga tidak kalah baik.
Aku pernah melihat quotes dalam sebuah drama film yang intinya "Tidak ada wanita buruk di dunia ini, yang ada adalah wanita pemalas"
So, let's think about it!


- Mengeluarkan Aura Cantik dengan tersenyum
Dunia adalah perhiasan, sebaik baik nya perhiasan dunia adalah wanita Sholihah
Nah, HR Muslim tersebut kita sudah sering banyak mendengarnya bukan? Untuk itu kita harus menjaga kehormatan kita dengan baik. Karna itu adalah inti dari kecantikan kita. Tak perlu dengan kosmetik tebal, kulit plastik, dan hidung mancung. Secara hadits saja, kita adalah perhiasan. Cukup gunakan make up sederhana sesuai sunnah Rasul yaitu tersenyum ikhlas.
Tersenyumlah



- Saling Mengerti Lawan Bicara
Untuk bisa mengerti apa yang dibicarakan lawan bicara, kita harus siap menjadi pendengar yang baik. Mencerna setiap perkataan lawan bicara kita. Nah, oleh sebab itu kita sebagai wanita harus pintar dan luas wawasannya. Supaya bisa memberi timbal balik lawan bicara kita. Perbanyak belajar, kurangi berbelanja dan perbanyak teman.
Perbanyak sahabat

- Yang terakhir, Berakhlak mulia
Kita cantik, kita berpendidikan tetapi kita angkuh pada orang lain, bertindak tidak jujur, dan melakukan hal buruk lainnya bisa membuat kecantikan luar kita hancur. Bangunlah akhlak yang mulia dan berpedoman pada Rasulullah. Lalu berintrospkesi diri, sudah cantik rupanya, cerdas pemikirannya, berbudi pekerti luhur pula, siapa sih pria yang tidak ingin segera menghalalkan. InshaAllah.
Apalagi, kecantikan rupa itu bisa berpudar seiring waktu, namun kecantikan hati tak lekang oleh waktu.
InshaAllah lekas di halal kan

Oh ya, lalu apakah harus menjadi cantik?
Jawaban saya, YA. Karna cantik merupakan cara kita bersyukur atas ciptaan Allah. Asal tidak berlebihan ya. Kalau sudah cantik dari hati, tentu cantik pula rupanya.:)
Semoga beberapa pengertian saya diatas mampu merubah cara pandang kita tentang apa itu cantik dan memulai untuk cantik dari hati. Mari bersama sama untuk memulainya. Bismillah.

Regards,
Susi Octalana

2 comments:

  1. Yang cantik hatinya pasti wajahnya akan memancarkan aura kecantikan... tak peduli bagaimanapun bentuk fisiknya...

    ReplyDelete
  2. Kamuuu cantik sekali mbaaaaak.... Kapan nyusul nikah ? wkwk

    ReplyDelete